350 Siswa MTsN 1 Pasuruan Rayakan Kelulusan, Kepala Kemenag Tekankan Keseimbangan Ilmu dan Akhlak

admin

PASURUAN (dialogmasa.com) – Purnawiyata siswa MTsN 1 Pasuruan tahun akademik 2023/2024 berlangsung meriah di Graha Diponegoro pada Kamis (13/06/24).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan, Bapak Syaikhul Hadi, yang memberikan sambutan hangat dan penuh motivasi, segenap forkopimca Bangil, dan para wali murid kelas IX.

“Hari ini kita hadir dalam momentum yang berharga dimana anak-anak sampai di ujung perjalanan menempuh ilmu di MTsN 1 Pasuruan,” ujar Kepala Kankemenag Kabupaten Pasuruan Syaikhul Hadi diawal sambutannya.

Syaikhul Hadi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran guru atas dedikasinya dalam mendidik dan mencerdaskan generasi penerus bangsa. “Atas nama Kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan, saya ucapkan terima kasih banyak kepada jajaran guru yang telah mencurahkan dedikasinya untuk mendidik dan mencerdaskan generasi penerus bangsa.”

 

“Kepada orang tua, kita ucapkan terima kasih atas kepercayaannya dengan menitipkan anaknya di MTsN 1 Pasuruan,” katanya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan ini berharap para wali murid menyampaikan kebaikan yang ditemui dari hasil jerih payah dewan guru kepada yang lain, serta memberikan masukan atas kekurangan yang ada untuk perbaikan di masa depan.

Ia menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara pengetahuan dan akhlak. “Boleh otak berfikir Jerman tapi hati berfikir Makkah, artinya bahwa boleh keilmuan setinggi mungkin namun jangan lupa akhlak, keimanan, dan ketaqwaan,” jelasnya.

Kepada para siswa yang telah lulus, ia berpesan, “Untuk anak-anakku yang telah lulus dari MTsN 1 Pasuruan, saya berpesan untuk menjaga dan istiqomah mengamalkan apa yang telah diajarkan dan ditanamkan oleh dewan guru baik yang bersifat keilmuan maupun nilai moral dan religius.”

Dalam kesempatan yang sama Kepala Madrasah MTsN 1 Pasuruan, M Yasir, juga memberikan pesannya kepada siswa-siswi Purnawiyata.

 

“Purnawiyata saat ini diikuti oleh 350 siswa-siswi, ada yang menempuh pendidikan selama 3 tahun dan ada yang 2 tahun,” ungkapnya.

Ia mendorong para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya dan mengamalkan ilmu yang telah diperoleh di MTsN 1 Pasuruan.

“Pesan saya kepada anak-anakku semuanya, walaupun sudah selesai di tingkat MTS, lanjutkan ke jenjang berikutnya, harus melangkah terus. Dari ilmu yang sudah dimiliki atau diterima di MTs, lanjutkan dan praktikkan di jenjang berikutnya. Kedua, jaga nama baik guru dan madrasah, insya Allah ilmunya akan bermanfaat,” kata Yasir.

Beliau juga mengingatkan para siswa untuk tidak meninggalkan salat, senantiasa berbuat baik agar menghapus kejelekan yang pernah dilakukan, dan bergaullah kepada semua orang dengan pergaulan yang baik serta sopan santun.(Ali/WJ)

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×