80 UMKM di Sukorejo Terima Sertifikat Halal Gratis dari BPJH

admin

PASURUAN (dialogmasa.com) – Sebanyak 80 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kecamatan Sukorejo dan beberapa tempat sekitar di Kabupaten Pasuruan, menerima sertifikat halal gratis dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) Kementerian Agama Republik Indonesia, Kamis (6/6/2024).

Penyerahan sertifikat halal secara simbolis dilakukan oleh Camat Sukorejo, Yudianto, Kasubbag TU Kemenag Kabupaten Pasuruan, Bakhrul ulum, dan Satgas Halal, Sugiono kepada perwakilan UMKM di Aula Matoa Kantor Kecamatan Sukorejo.

“Manfaatnya banyak, diantaranya ada legitimasi bahwa produknya halal,” ujar Yudianto dalam sambutannya.

Ia berharap para UMKM yang telah menerima sertifikat halal dapat menjaga kehalalan produk mereka dan memaksimalkan pemasaran, termasuk melalui pemanfaatan teknologi.

“UMKM itu adalah salah satu sektor yang bertahan selama pandemi, ikuti perkembangan dengan memanfaatkan teknologi untuk penjualan, jika tidak bisa minta tolong dan belajar ke yang bisa,” imbuhnya.

Kepala Subbagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan, Bahrul Ulum, menjelaskan bahwa 80 sertifikat halal yang diserahkan di Sukorejo merupakan bagian dari program sertifikasi halal gratis yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini dalam rangka menjaga konsumen, agar makanan yang beredar dimasyarakat terjamin kehalalannya,” terang Bakhrul.

Ia menambahkan bahwa negara-negara maju memiliki perhatian khusus terhadap sertifikasi halal produk, terlebih bagi negara dengan mayoritas penduduk muslim seperti Indonesia.

“Oleh karena itu melalui BPJH menggalakkan sertifikasi halal,” tegasnya.

Kegiatan penyerahan sertifikat halal ditutup dengan doa oleh Satgas Halal Kabupaten Pasuruan, Sugiono.

Manfaat Sertifikat Halal bagi UMKM:

– Jaminan kualitas dan kehalalan produk

– Meningkatkan kepercayaan pelanggan

– Nilai tambah jangkauan penjualan

– Syiar agama melalui produk makanan

– Produk akan Memiliki Unique Selling Point. (Ali/WJ)

Postingan Terkait

Satu pemikiran pada “80 UMKM di Sukorejo Terima Sertifikat Halal Gratis dari BPJH”

  1. Ping-balik: Sosialisasi Pemotongan Hewan Kurban Sesuai Syariat oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan - Dialogmasa

Tinggalkan komentar

×