Cara Mudah Cek Status Penerima Program Indonesia Pintar Melalui Online  

nasuchassano_

Sumber : Istimewa

PASURUAN (dialogmasa.com)- Bantuan pendidikan yang diberika kepada siswa siswi kurang mampu, yakni Program Indonesia Pintar (PIP) kini bisa diakses dengan mudah melalui online.

Dikutip dari Kemendikbud, Program Indonesia Pintar Merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

Adapun tujuan program PIP yaitu untuk memberikan layanan pendidikan kepada seluruh anak-anak usia sekolah agar tetap melanjutkan pendidikan hingga sekolah menengah. Baik melalui jalur formal ataupun non formal. Dengan demikian program ini diharapkan dapat mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah dan dapat melanjutkan pendidikannya.

Namun sayangnya tidak semua bisa mendapatkan program tersebut, untuk mengetahui status penerima program PIP kini bisa kita cek melalui online. Dilansir dari detik.com Langkah langkahnya mengetaui status penerima Program Indonesia Pintar (PIP) sebagai berikut :

1. Buka situs resmi Program Indonesia Pintar (PIP) di laman https://pip.kemdikbud.go.id melalui browser HP atau desktop

2. Setelah terbuka, cari kolom ‘Cari Penerima PIP’

3. Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom yang tersedia dengan tepat

4. Masukkan kode captcha yang terkadang berisi penjumlahan sederhana

5. Jika sudah, klik kolom ‘Cek Penerima PIP’ dan tunggu sampai nama kamu tercantum

6. Kemudian, hasil pencarian data akan muncul. Jika telah dinyatakan sebagai penerima PIP 2024, wajib mengkonfirmasi ke pihak sekolah agar dibuatkan surat keterangan penerima PIP.

Reporter : Nana

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×