Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan Menggagas Kampung Perikanan Budidaya

admin

PASURUAN (dialogmasa.com) – Saat ini Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan sedang menggagas kampung perikanan budidaya. Program ini sudah sampai pada tahapan proses pembentukan sebagai mana informasi yang di peroleh dialog masa.

Kabid Budidaya Perikanan, Ibu Prela menjelaskan hal ini kepada wartawan di kantor nya Jum’at 25 Agustus 2023.

“Kami sedang merencanakan kampung perikanan budidaya, yang kita sasar adalah kampung perikanan budidaya yang ada di Rejoso untuk komoditi ikan air payau, utamanya ikan bandeng dan ada lagi di kecamatan Purwosari berupa komoditi ikan air tawar terutama ikan nila,” demikian ia menjelaskan.

Masih Ibu Prela, “Ini nanti program nya dari hulu ke hilir, mulai dari budidaya, pengolahan, hingga pemasaran,” imbuhnya.

“Adapun yang di Rejoso terletak di Desa Patuguran, jadi pengembangan komoditi nya sekaligus wisata. Kebetulan di sana ada Wisata magrove jadi nanti di kombinasikan,” terangnya.

Selama ini pelaku budidaya di lokasi tersebut hanya melaksanakan aktivitas budidaya, namun saat ini pemerintah melalui Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan mengusahakan pengolahan dan pemasaran. Salah satunya dengan memaksimalkan wisata magrove hingga bisa menjadi titik pasar bagi produk ikan warga setempat dan meningkatkan ekonomi mereka.

“Adapun produk air payau di rejoso antara lain ; Produk bandeng presto, Bandeng asap, otak otak bandeng, bandeng Krispy, dan sate bandeng. Selain bandeng ada juga Udang, kepiting namun tidak sebanyak bandeng,” tutupnya.

Tags

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×