DPRD Kabupaten Pasuruan: Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-116, Mari Bersama Bangkit untuk Indonesia Emas

admin

PASURUAN (dialogmasa.com) – Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar DPRD Kabupaten Pasuruan mengucapkan ;

Selamat Hari Kebangkitan Nasional yang ke-116 Tahun 2024. Mari bersama “Bangkit untuk Indonesia Emas”

Lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini.

Berdasarkan usulan Soewardi Soerjaningrat (Ki Hadjar Dewantara), berdirinya BU ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional oleh Presiden Soekarno pada tanggal 20 Mei 1948 di Istana Kepresidenan di Yogyakarta, bersamaan dengan peringatan 40 tahun berdirinya BU.

Baca Juga: Marak Kecelakaan Melibatkan Bus, Dinas Perhubungan Surati Stakeholder Pendidikan

Beberapa faktor pendorong lahirnya kebangkitan nasional yang penting diketahui sebagaimana dilansir dari kumparan.

1. Faktor Internal

Faktor internal pendorong kebangkitan nasional antara lain penderitaan berkepanjangan akibat penjajah, hadirnya kaum intelektual atau terpelajar sebagai pemimpin gerakan, diskriminasi rasial dari bangsa barat, penderitaan rakyat karena pengerukan kekayaan lewat pajak tinggi, juga kenangan kejayaan di masa lalu atau seperti pada masa kerajaan.

2. Faktor Eksternal

Selanjutnya, faktor eksternal pendorong kebangkitan nasional antara lain kemenangan Jepang atas Rusia dalam Perang Jepang-Rusia, timbulnya berbagai paham baru di Eropa serta Amerika seperti liberalisme hingga nasionalisme, sampai dengan munculnya gerakan kebangkitan nasional di Asia yaitu Kongres Nasional India, Turki Muda, Gandhisme, dan sebagainya.

Jurnalis: Ali

Editor: WJ

 

Postingan Terkait

Satu pemikiran pada “DPRD Kabupaten Pasuruan: Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-116, Mari Bersama Bangkit untuk Indonesia Emas”

  1. Ping-balik: Kapolsek Rembang AKP Selamet Aji Pamit, Kapolsek Baru : Saya Siap Tidur di Kantor Demi Keamanan Rembang - Dialogmasa

Tinggalkan komentar

×