Dukung Kegiatan Donor Darah Koramil 0819/10 Bangil, Saka Wirakartika Buktikan Donor Darah Saat Puasa Aman dan Sehat

admin

PASURUAN (dialogmasa.com) – Koramil Koramil 0819/10 Bangil melaksanakan donor darah di aula Koramil 0819/10 Bangil, Kamis 21/03/24.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Saka Wira kartika dan diikuti oleh kurang lebih 40 peserta pendonor.

Turut hadir dalam giat ini kapten kav Nasrokin (Danramil Bangil), Peltu Kaharudin (Batih komsos Koramil Bangil), dan Neni Purwati (Pelatih Pramuka).

“Hari ini Saka Wirakartika Yang merupakan bagian dari organisasi Pramuka dibawah naungan angkatan darat punya gawe donor darah di bulan suci Romadhon,” ujar pelatih Pramuka SMA Yadika Neni.

Ia mengaku bahwa kegiatan ini telah rutin dilakukan tiap tahun, “Giat ini dilakukan tiap tahun untuk membantu unit donor darah PMI Kabupaten Pasuruan dalam hal penyediaan darah di bulan puasa,” imbuhnya.

Neni menjelaskan bahwa langkah anak-anak Pramuka mengikuti dan mendukung kegiatan donor darah di bulan suci Ramadhan sebagai kampanye atau edukasi bahwa donor darah di saat berpuasa itu aman dan sehat.

Baca Juga: Jalin Silaturahmi dan Cek Kesiapan Anggota, Kapolres Pasuruan Kunjungi Polsek Gempol

“Kita sadari, bulan puasa banyak pedonor yang merasa takut untuk mendonorkan darahnya, mereka kuatir kehabisan darah.

Disinilah peran kita sebagai warga pramuka baik yang baru lulus sekolah atau karang taruna yang terpanggil untuk melaksanakannya,” pungkasnya.

Anjuran bagi pendonor darah yang sedang menjalankan ibadah puasa menurut petugas PMI Bapak Soni yaitu antara lain ; pastikan dalam keadaan sehat dan fit, memperbanyak minum saat sahur dan buka puasa, mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging, sayur hijau, dan susu, kemudian istirahat yang cukup.

Jurnalis: Ali

Editor: WJ

 

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×