Ekonomi Kota Pasuruan Tumbuh 5,65 Persen, Transportasi dan Pergudangan Jadi Penyumbang Tertinggi

kamilio_

PASURUAN (dialogmasa.com) – Ekonomi Kota Pasuruan pada tahun 2023 berhasil tumbuh sebesar 5,65 persen, dengan sektor transportasi dan pergudangan menjadi penyumbang tertinggi mencapai 10,33 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pasuruan, Imam Sudarmaji, mengungkapkan bahwa perekonomian Kota Pasuruan pada 2023 mengalami kenaikan meskipun sedikit lebih lambat dibandingkan tahun sebelumnya.

Yang mana, pada 2022, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,65 persen. Kondisi ini terbilang wajar mengingat keadaan ekonomi di Indonesia cenderung lebih stabil dibandingkan 2022.

Baca Juga: Bidang Perekonomian Pemkab Pasuruan Ajak OPD-OPD Pengelolaan DBHCHT Study Tiru ke Lombok

Pertumbuhan ekonomi terjadi di hampir semua lapangan usaha, kecuali usaha pertambangan yang terkontraksi -72,83 persen dan jasa kesehatan -2,13 persen.

Melesatnya pertumbuhan ekonomi ini tidak lepas dari tingginya arus pengiriman barang dan jasa di sektor transportasi dan pergudangan baik dari dalam maupun ke luar Kota Pasuruan.

Salah satu pendorong utama dari pertumbuhan ini adalah menggeliatnya bisnis online shop yang terus melakukan aktivitas e-commerce.

Selain transportasi dan pergudangan, lapangan usaha lain yang mengalami pertumbuhan signifikan adalah sektor informasi dan komunikasi dengan pertumbuhan 8,64 persen.

Imam menjelaskan bahwa stabilitas ekonomi Indonesia secara keseluruhan turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di Kota Pasuruan.

“Lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan signifikan adalah transportasi dan pergudangan serta informasi komunikasi,” ungkapnya dilansir dari radarbromo.jawapos.com.

Jurnalis: Lio
Editor: WJ

Postingan Terkait

Satu pemikiran pada “Ekonomi Kota Pasuruan Tumbuh 5,65 Persen, Transportasi dan Pergudangan Jadi Penyumbang Tertinggi”

  1. Ping-balik: Tiga Pelaku Maling Motor Diringkus Polsek Winongan, Termasuk Penadah - Dialogmasa

Tinggalkan komentar

×