Gencarkan Perekonomian Desa Tebel, Mahasiswa KKN UNESA Gelar Sosialisasi Kewirausahaan dan Bazar UMKM

admin

 

SIDOARJO (dialogmasa.com) – Mahasiswa Unesa yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Negeri Surabaya menggelar sosialisasi kewirausahaan dan bazar UMKM di Desa Tebel, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo.

Hal ini bertujuan untuk menggencarkan kegiatan perekonomian warga Desa Tebel yang sempat terhambat akibat adanya Covid-19. Kegiatan pembukaan dihadiri oleh H. Triyono selaku Kepala Desa dan jajaran perangkat Desa Tebel. Nur Ahmad Anef, S.Pd., M.Pd., selaku Dosen Pembimbing Lapangan, serta 15 Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKNT Kewirausahaan Sidoarjo 2.

Kepala Desa Tebel, H. Triyono, dalam sambutannya mengatakan, “Kami sangat senang ada mahasiswa yang akan melakukan KKN di sini. Apapun program yang akan dilaksanakan saya dukung asal itu baik dan bermanfaat. Jika dalam pelaksanaannya membutuhkan support dari Pihak desa, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada saya ataupun perangkat lain.”

“Saya sangat senang mahasiswa KKN dapat diterima dengan baik di Desa Tebel. Saya harap program-program yang akan dilaksanakan mahasiswa dapat berjalan dengan lancar dan membawa dampak positif untuk Desa Tebel,” ujar Nur Ahmad Anef, S.Pd., M.Pd., selaku dosen pembimbing lapangan.

Kegiatan Sosialisasi Kewirausahaan yang dihadiri oleh 35 warga Tebel dan UMKM Gedangan dilaksanakan di Lokasi Wisata Edukasi Tapak Kali Bendo, Desa Tebel, Kecamatan Gedangan.

“Kegiatan ini berupa sosialisasi branding, packaging, dan marketing yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga desa demi menciptakan produk yang berkualitas dan dikenali oleh masyarakat luas,” terang Dian selaku ketua Kelompok KKN.

Selama Sosialisasi Kewirausahaan, Mahasiswa KKNT Unesa Kewirausahaan Sidoarjo 2 berkolaborasi dengan perangkat desa Tebel dan Karang Taruna Desa Tebel menggelar bazar UMKM.

Kegiatan ini beriringan dengan ruwat Desa Tebel sehingga seluruh masyarakat Desa Tebel dapat berpartisipasi pada dua kegiatan sekaligus. “Diadakannya kegiatan bazar UMKM ini dapat meningkatkan perekonomian warga Desa Tebel yang sebelumnya sempat terhambat karena adanya Covid-19,” ucap Wiwin, salah satu warga Desa Tebel.

Produk yang ditawarkan oleh warga Desa Tebel sangat beragam mulai dari makanan tradisional, makanan kekinian, minuman, dan kerajinan tangan. Bazar UMKM ini sangat memfasilitasi masyarakat Desa Tebel untuk memasarkan produknya. “Saya berharap dari seluruh program kerja yang telah dilaksanakan oleh KKNT Unesa Kewirausahaan Sidoarjo 2 dapat membawa dampak positif untuk menggencarkan perekonomian Desa Tebel,” pungkas Dian dalam kegiatan penutupan.

Jurnalis: Ali

Editor: Wd

 

Postingan Terkait

Satu pemikiran pada “Gencarkan Perekonomian Desa Tebel, Mahasiswa KKN UNESA Gelar Sosialisasi Kewirausahaan dan Bazar UMKM”

  1. Ping-balik: Lebarkan Sayap Pemasaran, UMKM Pasuruan Buka Pameran Produk di Finna Golf -

Tinggalkan komentar

×