H. Salim Hariadi, Pelaku UMKM, Sampaikan Usulan Kesejahteraan UMKM dan PETANI di Kabupaten Pasuruan Menuju Tahun Emas 2045

admin

PASURUAN (dialogmasa.com) – H. Salim Hariadi, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), memaparkan visi misi dan gagasannya dalam Forum Group Discussion (FGD). Forum diskusi ini fokus pada identifikasi permasalahan, isu strategis, dan tantangan pembangunan Kabupaten Pasuruan dalam 20 tahun mendatang. Acara tersebut digelar di Ruang Rapat 1 Bappelitbangda pada Selasa (19/09/23).

H. Salim Hariadi mengungkapkan rasa optimisnya atas potensi luar biasa yang dimiliki Kabupaten Pasuruan, seperti hasil dari pegunungan hingga hasil laut, serta potensi pariwisata dan industri yang tak kalah mengesankan.

Salah satu poin penting dalam ide Salim adalah menuju “Tahun Emas 2045,” dengan penekanan pada keunggulan sektor Perkebunan, pertanian, Perikanan, Peternakan, dan Pariwisata demi tercapainya kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Pasuruan seluruhnya.

Ia menyarankan program khusus mulai sekarang yakni tahun ini 2023 untuk keluarga Muda, ibu hamil, dan bayi di setiap kecamatan, yang bertujuan untuk memastikan Asupan makanan dan minuman bergizi tinggi hingga anak berusia 20 tahun, sehingga IQ mereka berkualitas dan kehidupan mereka yang sejahtera terjamin oleh Pemerintah Daerah/Negara.

Salim juga mendorong kolaborasi antar-Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam pembangunan kesepahaman, termasuk program pertanian TERPADU organik dan promosi makanan dan minuman bergizi melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) yang melibatkan Dinas Perkebunan, Pertanian, Perikanan, dan Peternakan, serta Dinas Pariwisata untuk menciptakan kalender even.

Selanjutnya, dia berharap terwujudnya konsep “Sapta Pesona” di setiap kecamatan, di mana setiap kecamatan memiliki produk unggulan yang mampu menarik perhatian, sehingga Kabupaten Pasuruan dapat menjadi destinasi yang selalu menawarkan keunikan.

Ide ini mengingatkan pada konsep destinasi wisata seperti Batu dengan lereng pegunungannya, Bali dengan pantainya, dimana tempat-tempat itu telah membawa manfaat ekonomi yang signifikan bagi lingkungan.

Di sisi lain semua usaha ini sejalan dengan visi dan misi Bupati Pasuruan, yang memprioritaskan maslahat sejahtera, daya saing, ekonomi kerakyatan, keadilan, dan kemakmuran rakyat Kabupaten Pasuruan.

Masyarakat didorong untuk gotong-royong dan berkolaborasi dengan Semua Lintas Kebijakkan untuk mewujudkannya kesejahteraan seluruh masyarakat kabupaten Pasuruan.

Jurnalis: Abd
Editor: Jannah

Tags

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×