Halal Bi Halal Ponpes Darul Khoirot Sunan Bonang, Menjadi Ajang Temu Kangen Alumni dan Silaturahmi Masyayikh

admin

PASURUAN (dialogmasa.com) – Pondok Pesantren Darul Khoirot Sunan Bonang menyelenggarakan Manaqib Qodiriyah dan halal bi halal di Desa Gerongan, Kraton Pasuruan, Minggu (12/5/2024).

Acara di buka Oleh KH Ali Ridho Hasyim, Pengasuh pondok Pesantren Alhasyimi Raci Bangil, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustad M Solihin alumni senior PPDH Sunan Bonang.

Sambutan sambutan oleh alumni seperti Ustad Muaddurrozi juga Ustad Muhammad Soleh yang juga merupakan panitia kegiatan.

“Acara ini merupakan wadah pertemuan semua santri baik yang junior maupun yang senior serta ajang silaturahmi dengan masyayikh dan dzuriyahnya,” ujar M Soleh.

Halal bihalal ini merupakan yang kedua Kalinya dan akan berlanjut ditahun-tahun berikutnya. Kegiatan ini berhasil mengumpulkan kembali alumni dari kabupaten Pasuruan, Jawa tengah, Jawa barat, bahkan luar jawa.

M Soleh melanjutkan, “Termasuk santri yang berkah ketika berada di tempat tinggalnya masih bisa membantu pesantrennya. Baik lewat pikiran, tenaga, dan doanya dengan ikhlas, itupun juga disebut berkah (manfaat),” tutupnya.

KH Ali Ridho Hasyim Pengasuh Pondok Pesantren Alhasyimi Raci Bangil memuji kegiatan hari ini dan menilai bahwa ini adalah ruang menghilangkan dosa antar sesama.

“Penting adakan acara seperti Ini, agar satu sama lain bisa saling memaafkan. Percuma Kita shalat, baca Al-Qur’an dan lain-lain jika kita tidak saling memaafkan satu sama lain,” ujarnya memberikan nasehat.

Baca Juga: Siapapun Penerima Rekom Pusat, Gus Mujib Isyaratkan PKB Pasuruan Tetap Solid

KH Muntasyar Hasyim dari Pondok Pesantren Sidogiri menceritakan nasab almarhum KH Hasyim yang bersambung ke Syarif Hidayatullah sunan gunung Jati Cirebon sampai ke Rasulullah Muhammad SAW.

Jurnalis: Ali

Editor: WJ

 

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×