Hujan Deras Sebabkan Banjir di Jalur Pantura Pasuruan, Akses ke Surabaya Ditutup

admin

PASURUAN (dialogmasa.com) – Hujan deras yang melanda Pasuruan semalaman mengakibatkan banjir di beberapa wilayah, termasuk di Jalur Pantura di wilayah Kraton, Kabupaten Pasuruan.

Jalur vital yang menghubungkan Surabaya ke Banyuwangi tersebut terendam air hingga setinggi satu meter akibat luapan Kali Welang.

Banjir tersebut menyebabkan akses dari dan menuju Surabaya ditutup total karena kondisi jalur yang tidak aman untuk dilalui. Arus kendaraan dialihkan melalui Toll.

Pantauan di lokasi, genangan air terus mengalami peningkatan. Hujan yang kembali turun pagi tadi menyebabkan volume air meningkat.

“Pagi ini naik-naiknya air, mas. Jalur kendaraan tutup total dialihkan ke jalan Toll,” papar Iqbal salah satu warga setempat, Selasa (9/4/2024).

Menurutnya, genangan air meliputi Kelurahan Randusari, Kecamatan Gadingrejo hingga menutup jalan Pantura.

“Sepanjang jalan mulai Randusari sampai pertigaan kraton itu terendam banjir,” terangnya menambahkan.

BPBD Kabupaten Pasuruan, menyebut, pasang surut air laut turut memberikan dampak pada naiknya volume air. Saat malam hari pasang air laut hingga mencapai 3-4 meter.

“Biasanya air pasang tak sampai 3-4 meter, tapi malam tadi air pasangnya sangat tinggi. Hal ini juga yang mengakibatkan air hujan tak bisa langsung masuk kedalam laut,” kata Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi.

Jurnalis : Lio

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×