Kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan Gelar Bimbingan Manasik Haji untuk 4 Kecamatan Area Timur

admin

PASURUAN (dialogmasa.com) – Sebanyak 79 jemaah haji dari Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan mengikuti bimbingan manasik haji di KBIHU Al Baka, Rejoso, Senin (22/4/2024).

Kegiatan ini dibuka oleh Danramil Rejoso, Kapten Arhanud Iswanto mewakili Camat Rejoso, dan dihadiri oleh Plt. Kepala KUA Kecamatan Rejoso, Ngarji, serta Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan, H. Syaikhul Hadi.

Dalam sambutannya, Ngarji menyampaikan bahwa jumlah jemaah haji dari Kecamatan Rejoso tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan. “Alhamdulillah, tahun ini kita bisa memberangkatkan 79 jemaah haji yang semuanya dalam kondisi istithoah (mampu),” ujarnya.

Lebih lanjut, Ngarji menjelaskan bahwa pelaksanaan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan akan berlangsung selama enam hari. “Diharapkan dengan bimbingan ini, para jemaah haji dapat memahami dan melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar,” tuturnya.

Baca Juga: Belajar dari Ibu Kartini, Guru Inspiratif Herlina Sulistiani : Wanita Mampu Menjadi Pemimpin

Sementara itu, Kapten Arhanud Iswanto berpesan kepada para jemaah haji untuk menjaga kesehatan dan kondisi badan. “Pertengahan bulan Mei ini insya Allah jemaah haji Kab. Pasuruan akan berangkat ke tanah suci. Oleh karena itu, jaga betul kondisi kesehatan agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan maksimal,” pesannya.

Pada kesempatan tersebut, H. Syaikhul Hadi memberikan materi tentang kebijakan pelaksanaan ibadah haji di luar negeri. Juga menyampaikan tutorial pelaksanaan ibadah haji dan dasar hukumnya.

Selain di kecamatan Rejoso, kantor kementerian agama kabupaten Pasuruan juga menggelar bimbingan manasik haji di Winongan yang menggabungkan tiga kecamatan, yaitu Winongan, Pasrepan, dan Lumbang.

Jumlah jemaah dari masing-masing kecamatan adalah: Winongan: 32 jemaah, Lumbang: 30 jemaah, Pasrepan: 41 jemaah.

Bimbingan manasik haji ditargetkan mampu membantu para jemaah haji dalam mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan khusyuk.

Jurnalis: Ali

Editor: WJ

 

Postingan Terkait

2 pemikiran pada “Kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan Gelar Bimbingan Manasik Haji untuk 4 Kecamatan Area Timur”

  1. Ping-balik: Penambahan Pompa Jadi Alasan Keterlambatan Operasional PDAM di Desa Pancasila - Dialogmasa
  2. Ping-balik: Meningkatkan Kesiapan, Kemenag Pasuruan Gelar Bimbingan Manasik Haji di Kecamatan Kejayan dan Wonorejo - Dialogmasa

Tinggalkan komentar

×