Kecanduan Video Short Tiktok, Berakibat Menurunnya Kemampuan Fokus

wrdmfd_

Sumber:Istimewa

PASURUAN (dialogmasa.com) – Di masa pandemi, ketika banyak orang harus berdiam diri di rumah, internet menjadi satu-satunya cara untuk tetap terhubung dengan dunia luar.

Salah satu aplikasi yang sangat populer menjadi teman dalam kesendirian adalah TikTok. Di balik kesenangan dan keseruannya, TikTok dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan, terutama pada kognitif otak.

Dikutip dari halodoc.com Kecanduan video-video short di aplikasi TikTok dapat mengakibatkan defisit pada kemampuan pengguna untuk menerima atau mengonsumsi konten dengan durasi lebih panjang.

Durasi konten yang lebih panjang membutuhkan fokus yang lebih lama, sedangkan video TikTok biasanya hanya berdurasi 15-60 detik.

Terbiasa dengan durasi video yang pendek atau sampai kecanduan, akan membuat orang sulit berkonsentrasi ketika disuguhkan video dengan durasi panjang.

Dampak buruk ini dibenarkan oleh warga terutama yang memiliki anak usia pelajar seperti Son haji asal Pandaan Pasuruan kepada Dialog Masa melalui pesan WhatsApp, Selasa (21/05/24).

“Masyarakat perlu menyadari efek candu dari TikTok dan video sejenis lainnya,” ungkapnya

Son Haji juga memberikan contoh salah satu dampak negatif dari tiktok.

Baca Juga: Dampak Buruk Vape Untuk Kesehatan

“Salah satu dampak yang saya tangkap adalah ketika saya membagikan gambar berisi informasi yang cukup jelas, masih ada yang menanyakan hal-hal yang tidak perlu ditanyakan karena gambar tersebut sudah memuat informasinya,” jelasnya.

Jurnalis : wrd

Editor: WJ

 

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×