Kemenag Gelar Penyesuaian Arah Kiblat Serentak, Targetkan Pemecahan Rekor MURI

wrdmfd_

PASURUAN (dialogmasa.com) – Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag) mengadakan kegiatan cek kembali arah kiblat yang berlangsung secara serentak, Senin (27/05/2024) pada pukul 16:18 WIB atau 17:18 WITA.

Kegiatan ini merupakan Rashdul Kiblat atau Istiwa A’zam, fenomena matahari tepat di atas Ka’bah sehingga semua bayangan dari benda yang tegak lurus akan mengarah ke kiblat.

Saat ditanya mengenai durasi kegiatan, Kasi Bimas Islam Kemenag Pasuruan, Agus Suhery menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bukan berlangsung selama satu jam, tapi berlangsung di menit 16:18.

“Bukan satu jam, tapi tepat pada menit 16.18,” ucapnya.

Baca Juga: Polsek Purwosari Tangkap Maling Motor di Kecamatan Prigen

Agus Suhery juga mengatakan bahwa siapa pun boleh mengikuti kegiatan tersebut.

“Seluruh jaringan penyuluh agama, masjid, mushala, jamaah majelis taklim, lewat KUA melalui Badan Koordinasi Masjid di semua level, pusat, provinsi, kabupaten, kota, dan kecamatan. Madrasah, ponpes, dan siapapun yang mengetahui untuk meluruskan kiblat di tempat salat rumah masing-masing,” jelasnya.

Beliau menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya tahunan.

“Sebetulnya tiap tahun kita selalu umumkan rosdul kiblat ini, tapi tahun ini kemenag pusat membuat pemecahan Rekor MURI,” tambahnya.

Jurnalis : wrd

Editor: WJ

 

Postingan Terkait

Satu pemikiran pada “Kemenag Gelar Penyesuaian Arah Kiblat Serentak, Targetkan Pemecahan Rekor MURI”

  1. Ping-balik: Pengurus PGRI Kabupaten Pasuruan Dibekukan, Pengurus PC Se-Kabupaten Pasuruan Tegak Lurus Terhadap Organisasi Yang Sah - Dialogmasa

Tinggalkan komentar

×