Kepala Kankemenag Kabupaten Pasuruan Buka Kegiatan MGMP-KKG Pendididikan Agama Prov. Jatim

admin

PASURUAN (dialogmasa.com) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan acara sosialisasi penguatan moderasi beragama bagi guru Pendidikan Agama di Aula MWCNU Prigen, Senin, 03 Juni 2024.

Acara ini dihadiri oleh para guru dari 12 kabupaten di Jawa Timur, bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program penguatan moderasi beragama.

Dalam sambutannya, Ketua MGMP – KKG PAI, Abdul Qodir, menyampaikan bahwa MGMP – KKG PAI dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No 99 tahun 2023. “Di Jawa Timur, kepengurusan MGMP – KKG PAI sudah dibentuk dan insya Allah sudah sesuai dengan KMA,” ungkapnya.

Beliau juga menambahkan bahwa MGMP – KKG PAI memiliki 10 program, salah satunya adalah penguatan moderasi beragama dalam rangka peningkatan kualitas SDM. “Mudah-mudahan kami (MGMP – KKG PAI) mampu menerapkan 10 program yang ditetapkan oleh Kementerian Agama,” harap Abdul Qodir.

Ketua MGMP – KKG PAI, Abdul Qodir

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan, H. Syaikhul Hadi, dalam arahannya menyatakan kebanggaannya atas nama Kementerian Agama. “Kemenag mempunyai dua fungsi besar, yakni fungsi pendidikan dan fungsi agama,” jelasnya.

Beliau menekankan pentingnya acara ini dalam mencetak SDM yang berkualitas dan berkompeten serta mampu menyelesaikan program prioritas Kementerian Agama.

“MGMP – KKG PAI diharapkan mampu menciptakan harmonisasi dan kerukunan umat beragama dengan baik dan harmonis,” ujar H. Syaikhul Hadi. Beliau juga menambahkan bahwa esensi agama adalah mampu menghargai dan mengapresiasi antar umat beragama.

Acara ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam penguatan moderasi beragama di lingkungan pendidikan, sehingga mampu mencetak generasi yang tidak hanya berpengetahuan, tetapi juga memiliki toleransi dan rasa hormat antar umat beragama. (Ali/WJ)

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×