MAN 1 Pasuruan Luncurkan Program Magang untuk Siswa Kelas 3

admin

PASURUAN (dialogmasa.com) – MAN 1 Pasuruan meluncurkan program magang bagi siswa kelas 3 yang menunggu pengumuman kelulusan sekolah. 

Program ini bertujuan untuk memberikan jalan dan pematangan skill kepada siswa dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus sekolah. Karena ternyata diantara lulusan MAN 1 Pasuruan ada yang langsung bekerja setelah lulus.

Program magang ini merupakan bagian dari program Prodistik (Program Terapan Bidang TIK) yang bekerjasama dengan ITS Surabaya. Mata kuliah prodistik banyak, diantaranya desain grafis, aplikasi perkantoran, multimedia, pemrograman.

Program prodistik oleh ITS dimaksudkan bagi Madrasah-Madrasah agar kualitas lulusan Madrasah mampu bersaing dengan sekolah umum terutama dalam bidang multimedia dan teknologi.

MAN 1 Pasuruan telah menjalin kerjasama dengan 8 instansi dan bidang usaha untuk menjadi tempat magang bagi siswa. Dan sebanyak 26 siswa telah terpilih untuk mengikuti program magang ini.

“Alhamdulillah tempat magangnya semuanya sesuai dengan bidang yang anak-anak pelajari,” ujar Ketua Prodistik MAN 1 Pasuruan, Bapak Widi Wijaya kepada dialogmasa Selasa, 23/04/24.

“Salah satu contohnya di puskesmas Beji, mereka meminta anak yang punya skill aplikasi perkantoran, ada lagi contohnya usaha percetakan di daerah Jabon yang minta 3 anak dengan skill Corel draw atau desain grafis,” imbuhnya.

Seleksi peserta magang dilakukan berdasarkan nilai akademik dan kesesuaian skill dengan kebutuhan mitra.

“Program Prodistik menjadi program unggulan dan membanggakan karena mampu memberikan bekal yang dibutuhkan oleh siswa di lingkungan kerja,” ujar Bapak Widi Wijaya.

MAN 1 Pasuruan memiliki alumni yang lolos menjadi TNI AL. Alumnus ini kemudian ditempatkan di bagian IT oleh atasannya karena kecakapan skillnya dan memiliki ijazah Prodistik yang dikeluarkan oleh ITS Surabaya.

Jurnalis: Ali

Editor: WJ

 

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×