Memahami Cara Berkenalan di Sosial Media dengan Aman

wrdmfd_

sumber.istimewa
Man's hand with a smart phone in a dark

ARTIKEL (dialogmasa.com) – Perkembangan internet di era sekarang telah mengubah pola pergaulan manusia, di mana internet memberikan akses tanpa batas di berbagai platform media sosial, forum, maupun situs web.

Hal tersebut memudahkan manusia berinteraksi dengan orang lain dari seluruh dunia tanpa ada batasan jarak geografis. Pertukaran informasi semakin cepat dari berbagi minat, pengetahuan sampai pengalaman.

Namun berkenalan lewat sosial media dengan orang baru juga cukup beresiko, ada beberapa cara berkenalan dengan orang baru di sosial media yang bisa dilakukan agar tetap aman.

Cara Berkenalan di Sosial Media yang Aman

Dilansir dari tirto.id bagi pengguna media sosial penting untuk memahami cara kenalan di media sosial yang aman, guna menghindari timbulnya kejahatan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

1. Jaga Privasi

Pada bagian ini yang terpenting adalah tidak memberikan informasi pribadi secara berlebihan, seperti alamat tempat tinggal, pekerjaan, biodata diri, dan lain sebagainya.

2. Ketahui latar belakang teman baru

Cari atau riset informasi terkait teman baru seperti nama dan usia, dengan cara mengamati profil sosial media dan aktivitas online mereka.

3. Jangan terburu-buru untuk berkenalan

Berkenalan dengan pelan-pelan dan selalu fokus dengan pembahasan pengalaman atau hobi, hindari pembahasan tentang informasi pribadi yang bersifat privasi.

5. Laporkan perilaku mencurigakan

Rape, Abuse & Incest National Network (RAINN) menganjurkan untuk melaporkan akun sosial media yang digunakan teman online jika mereka melakukan perilaku mencurigakan. seperti meminta uang, pelecehan, ancaman, berkata kasar, spam, pengguna di bawah umur, hingga profil palsu.

6. Bertemu di tempat umum

Apabila ada rencana untuk bertemu, lebih baik dilakukan di tempat yang banyak orang atau mengajak salah satu teman untuk menemani. Setelah bertemu usahakan tetap berada diarea publik.

7. Percaya pada naluri

Hal ini bisa digunakan saat kita berkenalan dengan orang baru. jika merasa tidak nyaman saat berbicara lebih baik sudahi hubungan perkenalan itu.

Reporter : wrd

Editor: WJ

 

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×