Mencari Validasi: Mengapa Anak Remaja Terlibat dalam Perilaku Bullying

admin

ARTIKEL (dialogmasa.com) – Anak remaja adalah tahap kehidupan yang penuh tantangan dan perubahan. Terkadang, kita melihat anak-anak remaja terlibat dalam perilaku negatif, seperti bullying atau tindakan yang tidak pantas. Mengapa mereka melakukan hal ini? Banyak faktor yang bisa mempengaruhinya, dan salah satunya adalah kebutuhan akan validasi.

Lingkungan Keluarga yang Berperan

Pertama-tama, lingkungan keluarga memainkan peran penting dalam perkembangan anak remaja. Sayangnya, tidak semua remaja memiliki keluarga yang memberikan mereka ketenangan dan kedamaian. Beberapa faktor seperti sumber daya manusia yang rendah, ketidaksehatan lingkungan keluarga, atau kurangnya kasih sayang dapat berkontribusi pada perilaku negatif ini. Kadang-kadang, orang tua yang kurang memahami multiple intelligence dapat dengan mudah memvonis anak-anak mereka sebagai “nakal” atau “bodoh,” tanpa memahami potensi sebenarnya yang dimiliki anak-anak tersebut.

Pengaruh Lingkungan Sebaya

Selain itu, lingkungan di luar keluarga juga dapat memengaruhi perilaku anak remaja. Di beberapa kasus, teman-teman sebaya dapat memberikan pengakuan dan penghargaan kepada mereka yang terlibat dalam perilaku negatif, seperti menjadi seorang pembully. Hal ini bisa membuat anak remaja merasa diakui dan “hebat” dalam pandangan teman-temannya.

Solusi untuk Perubahan Positif

Lalu, apa solusinya? Salah satu solusi utama adalah perlunya meningkatkan pemahaman tentang parenting di setiap keluarga. Orang tua perlu diberikan wawasan yang lebih baik tentang cara mendidik anak mereka dengan lebih efektif dan mendukung perkembangan positif mereka. Selain itu, pendidikan karakter (akhlak) juga perlu diperkuat dalam pelajaran sekolah. Ini akan membantu anak-anak remaja mengembangkan nilai-nilai positif seperti empati, kebaikan, dan kesadaran sosial.

Kesimpulan

Dengan perhatian terhadap faktor-faktor ini, kita dapat membantu anak-anak remaja mengatasi kebutuhan mereka akan validasi dengan cara yang lebih positif, memastikan bahwa mereka tumbuh menjadi individu yang lebih baik dan berkontribusi positif dalam masyarakat. Dengan perubahan yang dimulai dari keluarga, pendidikan, dan masyarakat secara keseluruhan, kita dapat membimbing anak-anak remaja menuju masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan.

Oleh: Wardatul Jannah

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×