Pak Sakera dalam Lensa Sosial: Workshop Menyelami Warisan Pahlawan Pasuruan

admin

PASURUAN (dialogmasa.com)– Pada Sabtu, 16 September 2023, di Lesehan Kintamani, berlangsung acara workshop berjudul “Menapak Jejak Pahlawan untuk Sagiman atau Pak Sakera dalam Perspektif Sosial Masyarakat Pasuruan.”

Workshop ini menghadirkan sejumlah tokoh dalam bidang seni, budaya, dan politik dengan tujuan merenungkan warisan pahlawan lokal, Sagiman, yang lebih dikenal sebagai Pak Sakera.

Diantara para tokoh yang turut hadir dalam acara ini adalah Ki Bagong, Ketua Kebudayaan Jawa Timur, Bapak Roni Winarno, Bapak Suwarno, Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Pasuruan, Sugiarto, dan Dr. Autar Abdillah.

Dalam diskusinya, Sugiarto dari Komisi 1 DPRD Kabupaten Pasuruan berbicara tentang pentingnya pemikiran ini.
“Untuk seniman dan budayawan, diskusi bukanlah hal utama. Lebih baik fokus pada kaderisasi.” Ujarnya.
Sugiarto juga mengusulkan agar diskusi dipimpin oleh pihak tertinggi dalam organisasi untuk berkoordinasi dengan pemerintah, sehingga kebutuhan seniman dan budayawan dapat diakomodasi dengan baik.

Pertemuan ini bukan hanya sebagai ajang diskusi, melainkan juga sebagai momen untuk menghidupkan semangat menjadikan Pak Sakera sebagai pahlawan yang diakui di Indonesia. Dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, diharapkan jejak pahlawan lokal seperti Pak Sakera dapat terus dijaga dan diwariskan kepada generasi mendatang, memperkaya nilai-nilai budaya dan sejarah masyarakat Pasuruan.

Jurnalis: Ali
Editor: Wardah

Tags

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×