Pemerintah Kabupaten Pasuruan Gelar Pergelaran Seni Budaya dan Promosi Pariwisata di TMII

admin

Aset. Pemkab

PASURUAN (dialogmasa.com) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan, didukung oleh Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur, menggelar Pergelaran Seni Budaya, Promosi Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII) pada hari Minggu, (07/07/90).

Acara ini menampilkan beberapa jenis budaya seperti Tari Remo, lagu daerah, dan seni pertunjukan “Joko Kebo”.

PJ Bupati Pasuruan, Andriyanto, menyampaikan penghargaan kepada SMPN 1 Beji yang pernah mendapatkan penghargaan Se-Pasuruan melalui penampilan Tari Remo. Ia menekankan pentingnya iringan grup karawitan yang luar biasa dalam keberhasilan tari tersebut.

“Tari Remo pernah mendapatkan penghargaan Se-Pasuruan dari SMPN 1 Beji, tapi tidak bisa menari dengan baik tanpa diiringi oleh grup karawitan yang sangat luar biasa ini,” ujar Andriyanto.

Dalam pidatonya, Andriyanto juga membagikan cerita-cerita inspiratif tentang anak-anak. Cerita pertama mengisahkan seorang anak yang menangis setelah kehilangan uang Rp. 20.000, meskipun telah diberikan uang pengganti oleh seorang bapak anak itu tetap menangis, ketika ditanya kenapa tetap menangis, “Anak itu menjawab, ‘bagaimana tidak menangis andai uang saya tidak hilang, kan saya punya uang Rp. 40.000’,” tutur Andriyanto.

Cerita kedua mengisahkan seorang anak yang selalu memilih uang dengan nominal lebih kecil setiap kali ditawarkan oleh tukang cukur. Ternyata, strategi anak tersebut adalah untuk terus mendapatkan uang secara berkelanjutan. “Anak itu bilang, ‘kalau saya milih yang besar nanti saya enggak dikasih lagi, lebih baik saya memilih yang kecil, enggak apa-apa dibilang bodoh tapi setiap saat saya dikasih’,” kata Andriyanto.

Andriyanto menekankan pentingnya strategi jangka panjang dalam mencapai kesuksesan dan mengajak masyarakat untuk tidak hanya fokus pada hasil hari ini, tetapi juga memikirkan masa depan. “Saat kita mencari rejeki, jangan hanya dipikir hasil hari ini, namun hasil untuk tahun depan dan tahun-tahun berikutnya,” katanya.

Acara ini dihadiri oleh pelaku seni Kabupaten Pasuruan, termasuk kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Pasuruan, serta pendukung SMPN 1 Gondang Wetan dan SMPN 1 Beji.

Andriyanto menyampaikan salam budaya atas nama Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan memberikan penghargaan kepada kedua sekolah tersebut.

“Luar biasa untuk SMPN 1 Gondang Wetan dan SMPN 1 Beji, atas nama pemerintah kabupaten Pasuruan salam budaya untuk kita semua,” tutup Andriyanto. (Ali/WJ)

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×