RSUD Bangil Berikan Edukasi Pentingnya Donor Darah Dalam Program “Good Morning Nakes”

wrdmfd_

PASURUAN (dialogmasa.com)– RSUD bangil memiliki program baru yakni “Good Morning Nakes,” dalam podcast tersebut membahas terkait pentingnya donor darah bersama Hamdan Petugas Bank Darah RSUD Bangil, Rabu (08/05/2024).

Hamdan menjelaskan bahwa donor darah sangat penting karena sampai saat ini belum ada yang bisa membuat darah sintesis atau darah buatan, dan darah manusia adalah salah satu obat dalam menyelamatkan nyawa.

“Darah manusia merupakan obat penyelamat dalam kejadian seperti kecelakaan atau pendarahan,” Kata Hamdan.

Baca Juga: RSUD Grati Meraih TOP BUMD Awards RSUD Bintang 4 dalam Ajang TOP BUMD Awards 2024

Hamdan mengungkap bahwa harga darah di indonesia sekitar 490 ribu per kantong, karena ada beberapa proses yang harus dilalui saat donor darah:

1. Kantong darah yang masih import.
2. Pendonor darah mendapatkan pemeriksaan gratis untuk 4 penyakit menular, seperti hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan HIV.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum seseorang mendonorkan darah, antara lain:

1. Usia minimal 17 tahun.
2. Tekanan darah antara 90-100.
3. Kekentalan darah antara 12,5-17.
4. Berat badan minimal 45 kg.
5. Mengisi formulir donor darah.

Darah merah dapat bertahan selama 1 bulan atau lebih 5 hari, sedangkan trombosit hanya bertahan selama 4 hari. Penyimpanan trombosit dilakukan dalam mesin yang bergetar, bukan dalam kulkas.

Hamdan juga menjelaskan bahwa harga darah yang mahal dalam tranfusi darah bukanlah darahnya, melainkan alat-alat yang digunakan. Hal ini merupakan suatu stigma yang harus dibangun oleh masyarakat.

“Yang bayar-bayar itu bukan darahnya, lebih tepatnya adalah alat-alatnya, itu stigma yang harus dibangun oleh masyarakat,” Jelasnya.

sumber.istimewa

 

Jurnalis : wrd

Editor: WJ

 

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×