Rukyatul Hilal Awal Ramadan 2024 di Kabupaten Pasuruan Belum Terlihat

admin

Rukyatul Hilal di Ponpes DALWA
Rukyatul Hilal di Ponpes DALWA

PASURUAN (dialogmasa.com) – Rukyatul Hilal awal Bulan Ramadan 2024 oleh Kemenag Kabupaten Pasuruan digelar di Markaz Pondok Pesantren DALWA, Kecamatan Bangil, Minggu (10/3/2024).

Tim Hisab Rukyat (THR) Kemenag Kabupaten Pasuruan mengungkapkan hilal untuk menentukan 1 Ramadan 1445 Hijriah belum terlihat.

Kemenag Kabupaten Pasuruan dalam keterangan resmi mengatakan posisi hilal hingga berakhirnya pemantauan rukyatul hilal berada di posisi terlentang sebelah kiri matahari.

“Posisi Hilal: Terlentang sebalah Kiri Matahari,” tulis THR Kemenag Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga: Awal Puasa Ramadan 2024 Menurut Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah

Rukyatul Hilal sendiri dilakukan dengan metode Ephimeris yakni, seperangkat data-data astronomi yang disusun oleh Kementerian Agama RI untuk dijadikan refrensi dalam masalah hisab dan rukyat.

Sebelumnya, BMKG Stasiun Geofisika Kelas II Pasuruan telah memginformasikan bahwa pemantauan hilal pada hari ini berpotensi tidak terlihat.

“Dimana tinggi bulan 0° 36,22, elongasi 1° 38,91 (belum memenuhi kriteria MABIMS), maka Hilal berpotensi tidak terlihat,” bunyi informasi yang ditandatangani Kepala BMKG Kelas II Pasuruan, Rully Oktavia Hermawan pada 8 Maret 2024.

Jurnalis: Lio

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×