Suara Petani

admin

Sumber : Pinterest

RUANG CURHAT (Dialogmasa.com)- Mahalnya harga beras hari ini, belum benar-benar membuat para petani meraup untung seperti yang diharapkan.

Meskipun para konsumen beras menjerit akibat terus melambung nya harga beras di pasaran, tidak membuat petani di negeri kita puas.

Jerih payah mereka masih belum terbayar maksimal.

Pasalnya, yang menjadi kendala pertama dari situasi ini adalah mahalnya harga pupuk. Meski karung pembungkus pupuk telah bertuliskan ‘pupuk subsidi ‘ , nyatanya harga masih mahal bagi para petani.

Selain mahal, pupuk yang menjadi bahan pendukung utama hasil panen masih sering mengalami kelangkaan. Sehingga petani pun kerap merasa kebingungan mencari pupuk saat masa pemupukan tiba, akibatnya, para petani tidak bisa tepat waktu dalam memupuk padi mereka. Hal ini pun menyebabkan hasil panen yang tidak maksimal, dan tidak sesuai harapan.

Bukan hanya pupuk, kendala yang juga dialami oleh petani adalah mahalnya harga solar sebagai bahan bakar traktor mereka. Akibatnya, jasa sewa traktor pun menjadi mahal. Dan mempengaruhi keuntungan para petani.

Para petani berharap, ada pihak yang memperhatikan nasib mereka, memberikan solusi atas kesulitan mereka, karena keberadaan para petanilah yang menyediakan sumber bahan makanan pokok warga pribumi yaitu padi.

Penulis : Masrurotul Aini

Tags

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×