Tampilkan Batik Flora, Fauna, dan Ikon Pasuruan, MAN 1 Pasuruan Meriahkan HUT ke-30

admin

PASURUAN (dialogmasa.com) – Rangkaian acara HUT MAN 1 Pasuruan terus berlanjut. Lomba perkusi antar kelas dan Fashion Show menjadi agenda di puncak acara hari ini, Sabtu, 18 November 2023.

Lomba Fashion Show Batik kali ini berhasil menarik perhatian penonton, karena batik yang ditampilkan memiliki banyak variasi. Ditambah penampilan molek nan menghibur dari para modelnya.

Ajang Fashion batik ini merupakan yang pertama kali memperoleh dukungan dari Bapak Kepala Madrasah, Nasrudin, sebagaimana yang disampaikan oleh guru seni budaya MAN 1 Pasuruan.

Guru seni budaya MAN 1 Pasuruan, Toni Ja’far, menuturkan bahwa batik yang ditampilkan adalah khas Pasuruan dengan motif baru asli anak-anak MAN 1 Pasuruan.

“Batik yang dilombakan saat ini adalah batik khas Pasuruan yang intinya mengangkat budaya yang ada di Pasuruan. Jadi, motif batiknya adalah flora, fauna, dan ikon-ikon Pasuruan,” tegas Toni.

Masih Bapak Toni, “Motif flora seperti udang, bandeng, keong mas, penyu, dan lain-lain. Adapun motif tumbuhan seperti bunga sedap malam, mangga, dan lain-lain. Kemudian dari sisi ikon Pasuruan motifnya antara lain seperti candi jawi, perahu, ataupun tugu kota Pasuruan. Inilah motif-motif yang diangkat oleh anak-anak kita yang berupaya memunculkan motif baru batik khas Pasuruan yang sesuai dengan kekayaan Pasuruan.”

“Lombanya tidak hanya berupa penampilannya, tapi melibatkan seluruh proses dari penemuan ide, pembuatan cap, produk, hingga penampilan,” tambahnya.

Batik sudah diakui UNESCO dan dunia tahun 2009 sebagai aset bangsa Indonesia asli. Pemerintah terus berupaya mengembangkan kekayaan ini.

“Tugas kita bersama pelajar dan generasi muda ialah melestarikan dan mengembangkannya,” tutupnya.

Jurnalis: Al
Editor: Wd

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×