Tingkatkan Minat Baca dan Literasi Masyarakat, Pemkab Pasuruan Segera Launching Gedung Perpustakaan Umum Daerah

admin

PASURUAN (dialogmasa.com) – Mengupayakan pembangunan tidak luput dari mencerdaskan sumber daya manusia nya. Menyadari pentingnya kecerdasan dan wawasan yang luas pemerintah terus berupaya meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat.

Hal ini pula menjadi perhatian pemkab Pasuruan. Pemkab Pasuruan melalui dinas perpustakaan dan kearsipan tahun ini di targetkan bisa membuka secara resmi gedung perpustakaan umum daerah kabupaten Pasuruan yang baru saja dibangun.

Sekertaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, S Adi Purwanto menjelaskan bahwa gedung baru perpustakaan belum siap di launching karena sarana dan prasarana yang belum lengkap, hal itu ia sampaikan kepada media diruang kerjanya Selasa, 23/04/24.

“Gedung baru perpustakaan belum sempat di launching karena sarana dan prasarana belum lengkap,” ucap Purwanto.

Baca juga: DPC PKB Kabupaten Pasuruan Membuka Pendaftaran Calon Kepala Daerah 2024

“Targetnya launching tahun ini,” tegasnya tentang waktu launching gedung perpustakaan baru tersebut.

Diwaktu yang sama Staf bagian perpustakaan, Eben menjelaskan bahwa kabupaten Pasuruan adalah salah satu kabupaten yang belum memiliki Perpustakaan umum daerah sebelum ini.

“Kita belum punya sebelumnya, hanya ada di kecamatan, itu juga hasil dari usulan di musrembang kecamatan,”terang Eben.

Untuk menarik minat baca di gedung baru, nantinya akan dilakukan promosi yang melibatkan kelompok literasi yang sudah ada.

“Kita perlu promosikan dulu, kita punya FORKLIP (Forum komunitas literasi Kabupaten Pasuruan), nanti kita kumpulkan sebagai langkah promosi,” imbuhnya.

Pemerintah melalui dinas perpustakaan dan kearsipan terus mengupayakan peningkatan minat baca masyarakat dengan beragam cara.

Satu diantaranya program Inklusi sosial yang sudah jalan sebelum-sebelumnya. Inklusi sosial ini berupa pelatihan dan keterampilan untuk ibu ibu yang disampaikan oleh narasumber yang kompeten dan di selenggarakan di perpustakaan.

Dan ide menarik lainnya yang cukup baru ialah Rolis (Rombong literasi) yaitu Perpustakaan yang menyediakan warung mie bagi pengunjung agar betah di perpustakaan.

Rolis ini sudah disiapkan dan akan segera di buka di gedung Dinas perpustakaan tepatnya di sebelah lobi kantor.

Jurnalis: Ali

Editor: WJ

 

Postingan Terkait

Satu pemikiran pada “Tingkatkan Minat Baca dan Literasi Masyarakat, Pemkab Pasuruan Segera Launching Gedung Perpustakaan Umum Daerah”

  1. Ping-balik: Kapolres Pasuruan Gelar Halal Bihalal dan Santuni Anak Yatim - Dialogmasa

Tinggalkan komentar

×