Peningkatan Kemampuan Kasat Kamling: Strategi Kapolres Pasuruan untuk Meningkatkan Kamtibmas

admin

PASURUAN (dialogmasa.com) – Dalam rangka menjaga situasi dan kondusifitas kamtibmas di wilayah Kabupaten Pasuruan, Polres Pasuruan melaksanakan pembinaan Peningkatan Kemampuan kepada Ketua dan Awak Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) Polres Pasuruan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Tribrata Polres Pasuruan yang dipimpin oleh Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra, didampingi Kasat Binmas Polres Pasuruan AKP Nanang Abidin, yang dihadiri oleh Ketua dan Awak Satkamling se-Kabupaten Pasuruan, Selasa (05/03/2024).

“Pembinaan Peningkatan Kemampuan ini merupakan salah satu upaya Polri untuk menjaga kondusifitas di lingkungan yang dilakukan oleh Satkamling, sehingga dapat mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas guna memelihara kamtibmas di lingkungannya secara swakarsa,” ucap Kapolres.

Lebih lanjut, AKBP Teddy menambahkan bahwa Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan tempat tinggal, oleh karena itu kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap munculnya potensi kejahatan dan gangguan kamtibmas lainnya.

Dalam hal ini, para Awak Satkamling telah dibekali pelatihan antara lain penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga (problem solving), serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Akan Merehab Rumah Tidak Layak Huni, Tiap Rumah akan Digelontor Rp 15 Juta

“Melalui kegiatan pembinaan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan taktis operasional Kasat Kamling di lapangan, sehingga penyelenggaraan Satkamling dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Jurnalis: Ali

Editor: WJ

 

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×