Turut Peringati Hari Disabilitas Internasional, KUA Winongan Adakan Bimwinsus

admin

PASURUAN (dialogmasa.com)Kantor Urusan Agama (KUA) Winongan mengadakan acara bimbingan perkawinan khusus bagi penyandang disabilitas di Kantor KUA Winongan, 19 Desember 2023.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati hari disabilitas internasional tahun 2023, sebagai buah dari kerjasama antara KUA Winongan dengan SLBN Winongan, dan komunitas disabilitas Pasuruan.

Bimwinsus di ikuti oleh 30 peserta, 15 peserta dari komunitas disabilitas Pasuruan yang secara usia sudah layak nikah dan 15 peserta lainnya dari SLBN Winongan tingkat SMA.

Pemateri yang hadir dari Puskesmas dan penyuluh agama. Adapun pemateri dari Puskesmas Winongan menyampaikan tentang kesehatan dan pemahaman reproduksi yang benar.

Sedangkan dari penyuluh agama menjelaskan tentang metode meraih keluarga yang sakinah mawadah warahmah.

Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan, Saikhul Hadi yang hadir dan memberikan sambutan menyebutkan bahwa ada 3 peristiwa penting yang di lalui setiap manusia.

“3 peristiwa penting yang di alami manusia yaitu ; lahir, nikah, dan meninggal, ketiganya penting hingga sering diperingati, karena penting maka perlu ada persiapannya,” ujar Syaikhul.

Lokakarya Mini Puskesmas Rembang, Kepala KUA: Batasan Usia Nikah Penting dalam Mencegah Stunting

“Untuk mempersiapkan semua itu dengan baik maka perlu ilmu, karena dalam prakteknya ada yang banyak harta tapi tidak bahagia, ada yang harta sedikit tapi bahagia, ada yang normal tapi tidak bahagia ada yang memiliki keterbatasan tapi hidup bahagia,” imbuhnya.

“Bimwinsus ini penting sebagai pendidikan dan pembekalan sebelum menghadapi pernikahan agar nantinya bisa mengarungi rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah,” tutupnya.

Dalam kesempatan bimwinsus, Syaikhul Hadi bertekad menyampaikan kepada Kantor KUA lainnya di kabupaten Pasuruan agar melaksanakan bimwinsus juga bagi teman-teman disabilitas selaras dengan harapan koordinator komunitas Disabilitas.

Jurnalis: Ali

Editor: Wd

Tags

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×