Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Pasuruan: Terobosan Pendidikan Terbaru di Nahdlatul Ulama

admin

ORGANISASI (Dialogmasa.com)- Institut Teknologi & Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pasuruan resmi menjadi Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Pasuruan. Hal itu berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek RI) Nomor 694/E/O/2023 tertanggal 28 Agustus 2023.

Rektor ITSNU Pasuruan Abu Amar Bustomi mengungkapkan, hadirnya UNU Pasuruan menambah universitas yang diselenggarakan dan dimiliki secara organisasi oleh perkumpulan Nahdlatul Ulama.

“Kelembagaan UNU Pasuruan berada di bawah koordinasi langsung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), melalui Badan Penyelenggara Pendidikan (BPP) ITSNU Pasuruan. Otomatis akan menjadi BPP UNU Pasuruan,” ungkapnya.

“Sejak awal didirikan pada 31 Januari 2018, ITSNU memiliki konsep sinergi-kolaborasi dengan pesantren salaf dan non salaf se-Pasuruan Raya,” tambahnya menjelaskan.

Tampak peserta dan narasumber dalam kegiatan visitasi usul perubahan bentuk ITSNU Pasuruan menjadi Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

Kepada media pada hari Senin, 4 September 2023, Koordinator Tim Percepatan UNU Pasuruan (Muhammad Muhlis) mengatakan, “Ada 3 jenis: Penyatuan, Penggabungan & Perubahan bentuk. Semangat awal PCNU Kab Pasuruan adalah menjadikan STAI Salahuddin Pasuruan & ITSNU Pasuruan menjadi UNU Pasuruan, namun regulasi Kementerian Agama untuk penggabungan tidak ada, ada penyatuan. Penyatuan STAIS ke ITSNU bisa dilakukan jika tidak dalam institut melainkan universitas.”

Masih Muhlis, “Selain persyaratan menjadi universitas sudah lengkap & juga menjadi cita-cita Nahdlatul Ulama, adanya UNU Pasuruan juga menjadi langkah awal pengembangan lainnya diantaranya fokus berikutnya adalah penyatuan STAI Salahuddin menjadi bagian dari fakultas di UNU Pasuruan.”

“UNU Pasuruan menjadi syarat utama apabila STAI Salahuddin Pasuruan akan disatukan menjadi fakultas, Jadi bukan berubah nama/nomenklatur namun berubah bentuk,” imbuhnya.

Adanya UNU Pasuruan juga menjadi langkah berikutnya sebagai support SDM RSNU Pasuruan ke depan,” tutupnya.

Diketahui Program Studi (Prodi) Strata Satu UNU Pasuruan meliputi Desain Komunikasi Visual, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Teknik Kimia, Teknik Industri, dan Teknologi Hasil Pertanian.

Jurnalis: Ali
Editor: Wardah

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×