Upacara Farewell Parade Dan Tradisi Pedang Pora Penuh Haru Bahagia Di Polres Pasuruan

admin

PASURUAN (dialogmasa.com)Upacara Farewell Parade dalam rangka Sertijab Kapolres Pasuruan dipenuhi tetesan air mata, mewarnai pisah sambut Kapolres Pasuruan di halaman Mapolres Pasuruan.

Para personel Polres dan Polsek jajaran berkumpul di lapangan Apel Sarja Arya Racana Polres Pasuruan, Kamis (01/02/2024), pukul 07.00 WIB.

Mereka menyambut kedatangan Kapolres Pasuruan yang baru, AKBP Teddy Chandra, bersama istri yang kini menjadi Ketua Bhayangkari Cabang Pasuruan, diikuti oleh Pejabat Lama, yakni AKBP Bayu Pratama Gubunagi, bersama istri.

Sembari melewati Pedang Pora dan usai proses pengalungan untaian bunga oleh Pejabat Lama kepada Pejabat Baru, kedatangan keduanya disambut oleh Wakapolres Pasuruan Kompol Hari Azis, PJU Polres Pasuruan, Kapolsek jajaran, dan seluruh anggota Polres Pasuruan serta Polsek jajaran.

Selanjutnya, keduanya menuju lobby untuk melaksanakan Ramah Tamah dan dilanjutkan Upacara yang dipimpin oleh Pejabat Lama dan Baru Kapolres Pasuruan secara bersamaan.

Dalam sambutannya, Pejabat Lama AKBP Bayu Pratama Gubunagi menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh Personel Polres Pasuruan dan Polsek jajaran.

“Dalam masa kepemimpinan saya sebagai Kapolres Pasuruan selama 1 tahun 7 bulan, saya banyak belajar hal baru dan berkesan dari seluruh Personel, beribu ungkapan terima kasih saya ucapkan, semoga ke depan Polres Pasuruan di bawah kepemimpinan AKBP Teddy Chandra yang merupakan Senior saya bisa semakin bertambah maju dan sukses,” ucap AKBP Bayu.

Selanjutnya, Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra juga berkata kepada seluruh peserta Upacara memohon Doa Restu untuk memimpin Polres Pasuruan.

“Mohon Doa Restunya untuk saya dalam memimpin di Polres Pasuruan ke depan, saya juga meminta kerjasama dari rekan-rekan semua dalam menjaga Kondusifitas wilayah di Kabupaten Pasuruan, mari kita bersama-sama memberikan pelayanan terbaik untuk Masyarakat, dan saya ucapkan selamat bertugas di tempat yang baru di Polres Jember kepada Adik Asuh saya AKBP Bayu Pratama Gubunagi semoga semakin sukses,” terang Kapolres.

Kemudian dilanjutkan dengan Laporan Kesatuan Sertijab Kapolres Pasuruan dan berlanjut pemasangan foto Pejabat Lama AKBP Bayu Pratama Gubunagi di Wall Of Honour Polres Pasuruan sebagai tanda pernah bertugas sebagai Kapolres Pasuruan.

Momen paling akhir pun tiba, AKBP Teddy Chandra dan istri mengalungkan untaian bunga melati kepada AKBP Bayu dan istri, dan keduanya berjalan mengelilingi Mapolres melewati pedang pora satu persatu.

Sambil berjalan, Pejabat Lama Kapolres Pasuruan menyalami sambil memeluk erat satu persatu Perwira dan Kapolsek jajaran maupun seluruh Personel. Momen inilah yang kemudian membuat beberapa perwira tak kuasa meneteskan air mata.

“Terus terang, saya tidak kuat melihat momen ini. Saya melihat sosok AKBP Bayu yang merupakan sosok pemimpin yang ramah, sabar, tapi tetap tegas selama menjabat di Polres Pasuruan,” ujar AKP Suprianto, Kapolsek Pasrepan.

Hal senada juga dialami oleh Kaur Regident Satlantas Polres Pasuruan Iptu Akrom usai memeluk AKBP Bayu sampai menyeka kedua matanya dengan selembar tisu, “Jiwa kepemimpinannya yang seperti keluarga. Kami merasa bukan seperti atasan bawahan, tapi seperti keluarga bahkan seperti kakak saya sendiri,” cetusnya sambil terisak.

“Saya pribadi dan keluarga mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil Polres Pasuruan, seluruh elemen masyarakat atas kerjasamanya selama ini. Dan kami mohon maaf atas kekhilafan yang mungkin sengaja atau tidak yang pernah kami lakukan. Kami mohon pamit melanjutkan karir dan tugas di Jember,” ujar AKBP Bayu Pratama.

Sementara itu, AKBP Teddy Chandra kepada awak media mengatakan puji syukur kepada Allah SWT karena hari ini dan kemarin acara sertijab berjalan lancar.

“Dan kami bertugas di Pasuruan ini adalah suatu anugerah dan kebahagiaan bagi kami. Kami mohon dukungan kepada seluruh personil dan seluruh elemen masyarakat agar kami mampu bersinergi dan melanjutkan program yang sudah dijalankan di Polres Pasuruan ini,” tegas AKBP Teddy.

Soal program terdekat yang mau dijalankan adalah agenda Pemilu 2024. Pihaknya akan melakukan koordinasi dan menjalankan tahapan tahapan pemilu sesuai tupoksinya.

 “Jadi mohon doa dan dukungannya, semoga pemilu aman, lancar dan kami bisa menjaga amanah sebagai Kapolres Pasuruan dengan baik,” tandasnya.

Jurnalis: Abd

Editor: WJ

Postingan Terkait

Satu pemikiran pada “Upacara Farewell Parade Dan Tradisi Pedang Pora Penuh Haru Bahagia Di Polres Pasuruan”

  1. Ping-balik: PJ Bupati Resmikan Gedung Instalasi Farmasi dan Inovasi Sister Peri SI-PLUS di RSUD Grati -

Tinggalkan komentar

×