Upacara Meriah Peringati Hari Jadi Kabupaten Pasuruan yang Ke-1094

admin

PASURUAN (dialogmasa.com) – Senin, 18 September 2023 telah dilaksanakan upacara bersama di lapangan Bulu sari, Gempol dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten Pasuruan ke-1094.

Hadir dalam acara beberapa tokoh penting, termasuk AKD (Asosiasi Kepala Desa), perangkat desa kecamatan Gempol, camat Gempol, Forkopimcam Gempol, anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Samsul Hidayat, serta beberapa perwakilan pelajar dari kecamatan Gempol.

Acara dimeriahkan oleh penyelenggaraan Suci Fest (Festival Seni dan Olahraga Bulusari 2023) yang mempertandingkan berbagai jenis olahraga, seperti taekwondo, pencak silat, sepak bola, dan seni tari.

Dengan tema “Wujudkan Bulusari Bangkit dan Maju,” Suci Fest mendapat dukungan penuh dari Dispora Kabupaten Pasuruan dan pemerintahan desa Bulusari. Selain itu, acara ini menjadi lebih berkesan dengan pembacaan prasasti Cungrang oleh anggota DPRD Kabupaten Pasuruan, Bapak Samsul Hidayat. Prasasti Cungrang, yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno dan terletak di Dusun Sukci, Desa Bulusari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, diyakini sebagai penanda berdirinya Kabupaten Pasuruan.

Menurut catatan sejarah, Prasasti Cungrang adalah hasil karya Mpu Sendok pada 18 September 851 Saka atau 929 Masehi, yang juga diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Pasuruan. Hal ini menjadi momen bersejarah bagi masyarakat Pasuruan untuk merayakan warisan budaya dan sejarah mereka yang kaya.

Jurnalis: Abd
Editor: Wardah

Tags

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×