Warisan Dokumenter P3GI Kota Pasuruan Dikukuhkan Sebagai Bagian dari Program UNESCO

kamilio_

PASURUAN (dialogmasa.com) Pada Forum 10th General Meeting MOWCAP tahun 2024, Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) di Kota Pasuruan meraih penghargaan bergengsi dari UNESCO.

Warisan dokumenter bersejarah yang meliputi periode dari tahun 1887 hingga 1986 itu, kini diakui sebagai bagian tak ternilai dari The Memory of The World Regional Committee for Asia and The Pacific (MOWCAP).

Dilansir dari idntimes.com, sertifikat MOWCAP diserahkan langsung oleh Chairman MOWCAP, Kim Kwibae, kepada Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto.

Baca Juga: Dugaan Pemotongan Dana Insentif Pegawai di BKPD Kabupaten Pasuruan Naik ke Tahap Penyidikan

Arsip P3GI ini mencatat kerja sama internasional, perkembangan teknologi di industri gula, serta penemuan-penemuan penting dalam penelitian terkait gula.

Ketua MOWCAP, Kim Kwibae, menggarisbawahi signifikansi arsip P3GI dalam merekam evolusi industri komoditas, serta perannya yang tak tergantikan dalam konteks global saat ini.

Dengan penghargaan ini, warisan dokumenter berharga ini diperkuat posisinya dalam melestarikan dan membagikan pengetahuan yang berharga bagi generasi mendatang.

Jurnalis: Lio

Editor: WJ

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar

×